Tutorial install odoo versi 13 pada windows 10

Tutorial install odoo versi 13 pada windows 10

 

Dalam mempersiapkan development odoo, ada beberapa cara yang dapat kita gunakan diantaranya mengunakan installer odoo.exe atau menggunakan file source github, tentunya .exe familiar dan lazim dilakukan pada operating system windows. 

Namun pada kesempatan kali ini kita akan mencoba sesuatu yang cukup menarik, agar menjadi experience yang berbeda dan tentunya akan menajadi wawasan baru, oke langsung aja kita gass.

Tools yanga harus sudah terinstall

  1. Python 3.7
  2. Postgresql Pgadmin
  3. Gitbash
  4. Visual Studio Code
  5. C++ build tools

Membuat virtual environment

Pada tahap pertama ini kita akan mempersiapkan sebuah environment untuk odoo, untuk membuat sebuah environment dapat menggunakan command berikut ini “python -m venv nama_environment”

Mengaktifkan virtual environment

Untuk dapat menjalan environment yang sudah dibuat dapat menggunakan command berikut ini “source nama_environment/Scripts/activate”.

Mengecek package list dan update pip

Untuk dapat mengecek package python apa saja yang sudah terinstal dapat menggunakan command berikut ini “pip list”, dan untuk mengupdate pip dengan menggunakan command berikut ini “python -m pip install --upgrade pip”.

Install setuptools wheel

Gunakan command berikut ini “pip install setuptools wheel”.

Cloning source odoo 13

Gunakan command berikut ini :

git clone https://www.github.com/odoo/odoo --depth 1 --branch 13.0

Install requirement.txt

Untuk menginstall requirement odoo dapat menggunakan command berikut ini “pip install -r folder_odoo/requirement.txt”, tunggu sampai proses instalasi selesai lalu cek apakah seluruh package yang dibutuhkan sudah terinstall dengan menggunakan command “pip list”.

Buat database dan role

Langkah selanjutnya siapkan database dan role yang dibutuhkan odoo. Odoo secara default menolak password postgres, oleh karena itu step ini harus kita siapkan terlebih dahulu.

Running Odoo

Untuk merunning odoo gunakan command berikut ini “python odoo-bin -r dbuser -w dbpassword --addons-path=addons -d mydb”, secara default odoo akan jalan pada http://localhost:8069

Tampilan login odoo 13

Tampilan Dashboard odoo 13


Oke sekian tutorial install odoo versi 13 pada windows 10 ini, jika mengalami kendala dalam proses mengikuti tutorial kali ini, seperti errorr saat install package dan lainnya jangan sungkan untuk berkomentar.

Note: pada proses install requirement.txt sebaiknya pastikan kembali apakah seluru package yang dibutuhkan sudah terinstall dengan baik, dan mimin menyarankan untuk di install satu per satu.

Load comments